Peta Kecamatan Teluk Kermat, Sungai Baru

Peta Kecamatan Teluk Kermat, Sungai Baru

Katalog BPS : 11020011.6101.060 Kecamatan Teluk Keramat dalam angka 2015, letak wilayah Kecamatan Teluk Keramat terletak diantara 0o57’ Lintang Utara serta 1o06’ Lintang Selatan dan 108o56’ Bujur Barat serta 109o14’ Bujur Timur. Secara administratif, batas wilayah Kecamatan Teluk Keramat adalah:
  1. Sebelah Utara            : Laut Natuna, Kecamatan Tangaran.
  2. Sebelah Selatan         : Kecamatan Sambas
  3. Sebelah Barat            : Kecamtan Jawai dan Laut Natuna
  4. Sebelah Timur           : Kecamatan Sejangkung, Galing

Luas Wilayah
Luas Kecamatan Teluk Keramat adalah 525,38 km2, Kecamatan Teluk Keramat pada tahun 2011 terbagi menjadi 24 desa atau berkuang 7 desa dari tahun 2005 karena pada tahun 2006, tujuh desa di Teluk Keramat membentuk kecmatan baru yaitu Kecamatan Tangaran. Desa terluas adalah Desa Sekura dengan luas 46,58 km2 atau 8,87%, sedangkan yang terkecil adalah Desa Pedada dengan luas 4,00 km2 atau 0,76% dari luas wilayah Kecamatan Teluk Keramat.

Pemerintahan
Kecamatan Teluk Keramat sebagai salah satu pilar perekonomian Kabupaten Sambas memiliki peran yang baik bagi Pembangunan Kabupaten Sambas. Penataan Ekonomi, Pemeliharaan Kamtibmas, Penjagaan Keamanan dan juga Pelayanan Publik tentunya merupakan hal-hal yang sangat penting  bagi manajemen pemrintahan kecamatan Teluk Keramat. Oleh karena itu Pemerintahan yang solid, struktur yang lengkap dengan penataan wilayah yang efektif merupakan suatu keharusan bagi Kecamatan Teluk Keramat. Pada tahun 2012 Struktur Perangkat Kecamatan Teluk keramt sudah cukup lengakap dengan membawahi 24 Desa, 75 Dusun, 113 RW dan 297 RT.

Penduduk
Berdasarkan angka hasil proyeksi penduduk Kecamatan Teluk Keramat pada tahun 2012 berjumlah sekitar 58.275 jiwa dengan kepadatan penduduk sekitar 111 jiwa perkilometer persegi atau 777 jiwa per dusun. Walaupun Kecamatan Teluk Keramat. Walaupun Kecamatan Teluk Keramat merupakan salah satu kecamatan terpadat di Kabupaten Sambas namun tetap saja kualitas dan kuantitias sumber daya manusia masih sangat minim untuk mengelola sumber daya alam yang sangat potensial.

Penyebaran penduduk di Kecamatan Teluk Keramat tidak merata antar desa yang satu dengan desa lainnya. Desa Pedada merupakan desa dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi yaitu 295 jiwa/km2, urutan kedua Desa Sungai Serabek dengan luas Wilayah 9,5 km2 kepadatan penduduknya mencapai 289 jiwa/ km2 sebaliknya, Sekura dengan luas sekitar 46,58 km2 hanya dihuni oleh sekitar 161 jiwa/ km2. Ditinjau secara rill dilapangan Desa Sekura yang merupakan lokasi Ibu Kota Kecamatan Teluk Keramat penduduknya berdomisili mengelompok disekitar kecamatan jadi kelihatan penduduk desa tersebut padat, di wilayah kecamatan terdapat pusat perbelanjaan yang dikenal dengan pasar Sekura.

Pasar Sekura selain digunakan warga setempat juga dimanfaatkan oleh warga kecamatan terdekat diantaranya dari Kecamatan Tanggaran, Kecamatan Paloh, dan Kecamatan Galing sebagai pusat perekonomian yang cukup strategis dan lengkap, menyediakan kebutuhan primer sampai kebutuhan sekunder.

Sosial
  • Pendidikan. Keberhasilan suatu Pendidikan sangat tergantung oleh tersedianya sarana, dan prasarana serta tenaga pengajar yang memadai. Pada tahun 2012, terdapat 48 Sekolah Dasar, 14 SMP dan 6 SMA. Pada tahun 2012 jumlah murid SD Negari di Kecamatan Teluk Keramat adalah 8.409 orang sedangkan jumlah guru sebanyak 544 orang. Hal ini berarti, rasio murid terhadap guru mencapai 15.46 ini berarti beban tiap guru mendidik rata-rata 15 s/d 16 murid di tingkat SMP, jumalah murid sebanyak 2.759 orang sedangkan jumlah guru sebanyak 227 orang dengan rasio guru terhadap murid sebesar 12,15. Untuk jenjang pendidikan menengah atas, jumlah murid sebanyak 2.090 orang dengan jumlah guru sebanyak 140 orang sehingga rasio guru terhadap murid mencapai 14,93 ini berarti setiap guru mengajar sekitar 14 s/d 15 murid.
  • Kesehatan. Sejak awal pemerintah sudah memperhatikan dan berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan alasan kemanusiaan. Hal ini dapat kita lihat dari pembangunan berbagai fasilitas kesehatan. Pelayanan kesehatan merupakan salah satu kewajiban Negara terhadap rakyatnya. Sebab status kesehatan masyarakt adalah indikator penting dari seluruh indikator yang ada dan meruapkan faktor penting dari produktivitas ekonomi. Pembangunan di bidang kesehatan saat ini diarahkan pada penyediaan berbagai sarana dan prasarana yang meliputi bangunan fisik (Rumah Sakit, Puskesmas, Balai pengobatan dan Poliklinik) serta pengadaan tenaga kesehatan yang terampil. Puskesmas merupakan salah satu prasarana yang paling vital di Kecamatan Teluk keramat bagi pelayanan kesehatan masyarakat. Pada tahun 2012 terdapat 3 Puskesmas, 24 Poskesdes, 9 Puskesmas Pembantu dan 2 Puskesmas Keliling. Dokter merupakan sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan dalam dunia kesehatan. Dengan bantuan doktor maka banyak kemungkinan penyakit yang dapat disembuhkan. Di Kecamatan Teluk keramat hanya terdapat 5 orang dokter, tentu saja jumlah ini tidak mencukupi bagi optimalisasi pelayanan kesehatan di Kecamatan Teluk Keramat.
  • Agama. Negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 menjamin kehidupan umat beragama dan senantiasa mengembangkan kerukunan hidup antara pemeluk agama/kepercayaan guna membina kehidupan masyarakat dan sekligus mengatasi berbagai masalah sosial budaya yang mungkin dapat menghambat kemajuan bangsa.

No comments for "Peta Kecamatan Teluk Kermat, Sungai Baru"