Definisi, Tujuan, dan Alasan Pemilihan Judul Penelitian

Penelitian dan Metode Ilmiah - Mahasiswa sarjana (S1) yang ingin menyelesaikan studi tentu merasa bingung untuk menentukan penlitian dan bagaimana memulai penelitian itu. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan muncul dibenak. Sebagai langkah awal yang perlu kita ketahui adalah:

Apakah Penelitian itu?
Penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara jujur, sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan dengan mengacu pada masalah yang ada. Suharsimi Arikunto mengatakan Penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiahuntuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah tersebut berarti kegiatan penelitian didasarkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu seperti rasional, empiris, dan sistematis. Rasional diartikan yaitu kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal, sehingga penalaran manusia dapat menjangkaunya.

Ruseffendi juga mendefinisikan Penelitian adalah cara mencari kebenaran melalui metode ilmiah.Sedangkan Metode ilmiahadalah strategi dalam penelitian ilmiah. Strategi tersebut dapat dituliskan sebagai berikut;
1.      Merumuskan masalah
2.      Melakukan studi literatur
3.      Merumuskan hipotesis/ praduga
4.      Mengumpulkan data
5.      Mengolah data
6.      Mengambil kesimpulan

Siapa yang perlu meneliti?
Orang-orang yang perlu meneliti adalah paha ahli contohnya Doktor dan Profesor, mahasiswa S1, mahasiswa S2, dan mahasiswa S3, Guru, Ekonom, dan Politikus.

Apa Tujuan Penelitian?
Dalam tujuan penelitian secara umum ada 3 macam yaitu, Penemuan, Pembuktian, dan Pengembangan.
1.   Penemuan di sini diartikan data yang diperoleh dari penelitian betul-betul baru yang sebelumnya belum pernah diketahui.
2.    Pembuktian diartikan data yang diperoleh dari penelitian tersebut digunakan untuk membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu.
3.      Pengembangan berarti memperdalam dan memperluas pengetahuan yang telah ada.

Kegunaan Penelitian
Data yang diperoleh dari penelitian dapat digunakan untuk;
1.      Memahami masalah artinya, memperjelas suatu masalah atau informasi yang tidak diketahui.
2.      Memecahkan masalah artinya meminimalkan atau menghilangkan masalah.
3.      Mengantisipasi artinya mengupayakan agar masalah tidak terjadi.
Persyaratan Penelitian
Persyaratan yang perlu diperhatikan dalam penelitian adalah sebagai berikut;
1.      APIK (Asli, Penting, Ilmiah, dan Konsisten)
2.    Asli; penelitian kita benar-bernar karya sendiri bukan jiplakan atau mengganti-ganti penelitian orang lain, hal ini sangat penting untuk menghormati penelitian orang lain dan etika menulis.
3. Penting; hasil peneltian benar-benar bermanfaat dan dipandang penting bagi tugas yang sedang dilaksanakan.
4.     Ilmiah; mengikuti sistematika penelitian yang lazim berlaku.

Alasan Pemilihan Judul
Alasan dalam pemilihan judul sangat perlu juga diperhatikan, agar apa yang diteliti tidak akan menjadi hal yang sia-sia dan menghabiskan waktu, alasan tersebut sebagai berikut,
1.  Pentingnya masalah tersebut diteliti karena akan membawa pelaksanaan kerja yang lebih efektif, atau karena akan dicari pemecahannya.
2.      Menarik minat peneliti
3.      Belum ada orang yang meneliti masalah tersebut.
4.      Ada kesenjangan antara yang diharapkan dengan apa yang terjadi.

Itulah paparan tentang penelitian dan metode ilmiah dengan harapan artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat bagi yang akan melakukan penelitian.
Terima kasih.

No comments for "Definisi, Tujuan, dan Alasan Pemilihan Judul Penelitian"