Model dan Jenis-jenis Penelitian Tindakan Kelas (Jenis-jenis PTK)

Model dan Jenis-jenis Penelitian Tindakan Kelas (Jenis-jenis PTK)
Jenis-jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara umum dibagi menjadi 4 kelompok. Menurut Chein (1990) dalam Paizaluddin dan Ermalinda (2015: 28-29) mengemukakan bahwa jenis penelitian tindakan kelas terbagi menjadi 4, yaitu:

1# PTK Diagnostik
PTK Diagnostik adalah penelitian yang dirancang dengan menentukan peneliti ke arah suatu tindakan. Dalam hal ini peneliti mendiagnosis dan memasuki situasi yang terdapat di dalam latar penelitian. Contohnya adalah apabila peneliti berupaya menangani perselisihan, perkelahiran, konflik yang dilakukan antar siswa yang terdapat di suatu sekolah atau kelas dengan cara mendiagnosis situasi yang melatarbelakangi situasi tersebut.

2# PTK Partisipan

Penelitian dikatakan sebagai PTK Partisipan adalah apabila orang yang akan melakukan penelitian harus terlibat langsung di dalam proses penelitian sejak awal sampai dengan hasil penelitian berupa laporan. Dengan demikian, sejak perencanaan penelitian peneliti senantiasa terlibat, selanjutnya peneliti memantau, mencatat, dan mengumpulkan data, lalu menganalisis data serta berakhir dengan melaporkan hasil penelitiannya. PTK partisipan dapat juga dilakukan di sekolah, hanya saja dalam penelitian, peneliti dituntut keterlibatannya secara langsung dan terus-menerus sejak awal sampai berakhirnya penelitian.

3# PTK Empiris

PTK Empiris adalah apabila peneliti berupaya melaksanakan sesuatu tindakan atau aksi dan membukukan apa yang dilakukan dan apa yang terjadi selama aksi berlangsung. Pada prinsipnya proses penelitiannya berkenaan dengan penyimpanan catatan dan pengumpulan pengalaman penelitian dalam pekerjaan sehari-hari.

4# PTK Eksperimental

PTK Eksperimental adalah PTK yang diselenggarakan dengan berupaya menerapkan berbagai teknik atau strategi secara efektif dan efisien di dalam suatu kegiatan belajar mengajar. Di dalam kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar, dimungkinkan terdapat lebih dari satu strategi atau teknik yang diterapkan untuk mencapai suatu tujuan instruksional. Dengan diterapkannya PTK ini diharapkan peneliti dapat menentukan cara mana yang paling efektif dan efisien dalam rangka untuk mencapai tujuan pengajaran.

Sumber: Jakni. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta

No comments for "Model dan Jenis-jenis Penelitian Tindakan Kelas (Jenis-jenis PTK)"