Syarat, Fungsi, Tujuan, dan Kriteria Penilaian Pembelajaran

https://www.detikpendidikan.com/2019/04/syarat-fungsi-tujuan-dan-kriteria-penilaian-pembelajaran.html
Pada artikel sebelumnya tentang “Pengertian tes, pengukuran, penilaian, dan evaluasi pembelajaran” telah dijelaskan pengertian dari penilaian menurut beberapa pendapat ahli. Pada artikel ini akan memaparkan tentang syarat, fungsi, dan kriteria penilaian.

Istilah penilaian biasa dikenal dengan assessment atau dapat juga diartikan sebagai evaluasi. Namun evaluasi dan assessment tidaklah sama, kedua istilah ini memiliki perbedaan. Evaluasi memiliki ruang lingkup lebih luas dibandingkan dengan penilaian, sedangkan penilaian lebih terfokus pada komponen atau aspek tertentu saja yang merupakan bagian dari ruang lingkup evaluasi tersebut.

Penilaian merupakan salah satu bagian penting dalam sistem pendidikan saat ini. Peningkatan kualitas pendidikan di lihat dari nilai-nilai yang diperoleh siswa. Hal tersebut, tentu akan diperlukan sistem penilaian yang baik dan mampu memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran. Sehingga, guru mampu merencanakan strategi pembelajaran dan memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu meningkatkan kemampuannya.

Syarat Penilaian
Penilaian yang baik adalah yang mampu mengukur keberhasilan proses pembelajaran secara tepat dan akurat. Penilaian perlu memenuhi beberapa syarat sebelum diterapkan kepada siswa yang kemudian direfleksikan dalam bentuk tingkah laku. Adisusilo (2012: 236) mengatakan penilaian yang baik harus mempunyai syarat berikut:
  1. Valid, menurut Grounlund 1985 diartikan sebagai ketepatan interpretasi yang dihasilkan dari skor tes atau instrumen penilaian.
  2. Terpecaya, artinya harus menjamin konsistensi.
  3. Mendidik, artinya harus memberi sumbangan positif terhadap pencapaian belajar siswa, dapat memotivasi siswa untuk lebih maju.
  4. Berorienstasi pada kompetensi, artinya harus menilai pencapaian kompetensi yang dimaksud dalam kurikulum.
  5. Adil dan objektif, artinya terhadap semua siswa ada perlakuan yang adil.
  6. Terbuka, artinya kriteria dan dasar pengambilan keputusan harus jelas dan terbuka bagi semua pihak.
  7. Menyeluruh, artinya dapat dilakukan dengan berbagai teknik dan prosedur, mencakup ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotoris.
  8. Berkesinambungan, artinya dilakukan secara berencana, bertahap, dan terus-menerus.
  9. Bermakna dan praktis, artinya mudah dipahami, berguna, dan dapat ditindaklanjuti.
Fungsi Penilaian
Penilaian mempunyai sejumlah fungsi di dalam proses belajar mengajar menurut Adisusilo (2012: 237), yaitu:
  1. Sebagai alat guna mengetahui apakah siswa telah menguasai pengetahuan, nilai-nilai, norma-norma, dan keterampilan yang telah diberikan oleh guru.
  2. Untuk mengetahui aspek-aspek kelemahan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar.
  3. Mengetahui tingkat ketercapaian siswa dalam kegiatan belajar.
  4. Sebagai sarana umpan balik bagi seorang guru, yang bersumber dari siswa.
  5. Sebagai alat untuk mengetahui perkembangan belajar siswa.
  6. Sebagai materi utama laporan hasil belajar kepada para orang tua siswa.
Tujuan Penilaian
Minimal terdapat 6 tujuan penilaian dalam kaitannya dengan belajar mengajar menurut Sukardi (dalam Adisusilo, 2012: 237-238), yaitu:
  1. Menilai ketercapaian tujuan. Ada keterkaitan antara tujuan belajar, metode penilaian, dan cara belajra siswa. Cara penilaian biasanya akan menentukan cara belajar siswa, sebaliknya tujuan evaluasi akan menentukan metode evaluasi yang digunakan oleh siswa.
  2. Mengukur macam-macam aspek belajar yang bervariasi. Belajar dikategorikan sebagai kognitif, psikomotris, dan afektif. Batasan tersebut umumnya dieksplisitkan sebagai pengetahuan, keterampilan dan sikap/nilai. Semua tipe belajar sebaiknya dievaluasi dalam proporsi yang tepat.
  3. Sebagai sarana untuk mengetahui apa yang siswa telah ketahui. Setiap siswa masuk kelas dengan membawa pengalamannya masing-masing, serta karakteristiknya. Guru perlu mengetahui keadaan siswanya agar guru dapat berangkat dari pengalmaan siswa yang beragam dalam memulai pembelajarannya. Guru perlu mengetahui dan memerhatikan kekuatan, kelemahan dan minat siswa sehingga mereka termotivasi untuk belajar atas dasar apa yang telah mereka miliki dan mereka butuhkan.
  4. Motivasi belajar siswa. Penilaian juga harus dapat memotivasi belajar siswa. Guru harus menguasai bermacam-macam teknik memotivasi siswa. Hasil penilaian akan menstimulasikan tindakan siswa. Dengan merencanakan secara sistematik sejak pretes samapi ke postes, guru dapat membangkitkan semangat siswa untuk tekun belajar secara kontinu.
  5. Menyediakan informasi untuk tujuan bimbingan dan konseling. Informasi diperlukan jika bimbingan dan koseling yang efektif diperlukan, informasi yang berkaitan dengan problem pribadi seperti data kemampuan, kualitas pribadi, kemampuan bersosialisasi, dan skor hasil belajar.
  6. Menjadikan hasil evaluasi dan penilaian sebagai dasar perubahan kurikulum. Hasil evaluasi siswa, pengalaman kerja siswa, analisis kebutuhan masyarakat, dan analisis pekerjaan merupakan teknik konvensional yang sering digunakan untuk mengubah kurikulum.
Kriteria Penlaian
Kriteria yang perlu diperhatikan dalam penilaian menurut Adisusilo (2012: 241) antara lain:
  1. Penilaian dapat dilakukan melalui tes dan atau nontes.
  2. Penilaian harus mencakup tiga aspek ekampuan, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  3. Menggunakan berbagai cara penilaian pada waktu kegiatan belajar sedang berlangsung, misalnya observasi, memberikan tes, mengamati hasil kerja siswa, dan lain-lain.
  4. Penilaian alat dan jenis penilaian berdasarkan rumusan tujuan pembelajaran.
  5. Mengacu pada tujuan dan fungsi penilaian, misalnya untuk kenaikan kelas.
  6. Alat penialian harus mendorong kemampuan penalaran dan kreativitas siswa, misalnya tes uraian, dan lain-lain.
Daftar Pustaka:
Sutarjo Adisusilo, J.R. 2012. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

No comments for "Syarat, Fungsi, Tujuan, dan Kriteria Penilaian Pembelajaran"