Pengertian Populasi dan Sampel Penelitian menurut Para Ahli

Pengertian Populasi dan Sampel Penelitian menurut Para Ahli

Apa itu populasi?
Populasi Adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemungkinan ditarik kesimpulannya. Ada beberapa pengertian tentang populasi yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya yaitu:
  1. Suharsimi Arikunto (2006:130) menyatakan populasi adalah keseluruhan subjek penelitian. Jika seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi atau studi populasi atau sensus. Subyek penelitian adalah tempat variabel melekat. 
  2. Sukardi (2010:53) menyatakan populasi adalah semua anggota kelompok manusia, binatang, peristiwa, atau benda yang tinggal bersama dalam satu tempat dan secara terencana menjadi target kesimpulan dari hasil akhir suatu penelitian. 
  3. Gay (1987:102) Populasi merupakan kelompok tertentu dari sesuatu (orang, benda, peristiwa, dan sebagainya) yang dipilih oleh peneliti yang hasil studinya atau penelitiannya dapat digeneralisasikan terhadap kelompok tersebut. Suatu populasi sedikitnya mempunyai satu karakteristik yang membedakannya dengan kelompok yang lain. 
  4. Kamus Pelajar terbitan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional tahun 2003. Populasi adalah jumlah orang atau penduduk dalam suatu daerah; jumlah penghuni baik manusia maupun makhluk hidup lainnya pada suatu tempat atau ruang tertentu.
  5. Sisworo dalam Mardalis (2009:54) mendefenisikan populasi sebagai sejumlah kasus yang memenuhi seperangkat kriteria yang ditentukan peneliti. 
  6. Hadari Nawawi (2012:150) “Populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang terdiri dari manusia, benda-benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, gejala-gejala, nilai test atau peristiwa-peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu di dalam suatu penelitian”. 
  7. Scarvia B.Anderson (Purwanto, 2007:243) mengatakan: “Population is a set (or all collection) or all elements prosessing one are more attributes of interest” artinya.suatu populasi adalah seperangkat atau kumpulan dari semua unsur yang memiliki atau mempengaruhi satu atau lebih atribut yang di miliki. 
  8. Hamid Darmadi (2011:46) mengatakan “Populasi artinya seluruh subjek di dalam wilayah penelitian dijadikan subjek penelitian. 

Dari beberapa pendapat para ahli di atas, maka dapat disimpulkan populasi adalah sekelompok manusia, binatang, benda atau keadaan dengan kriteria tertentu yang ditetapkan peneliti sebagai subjek penelitian dan sumber daya yang diperlukan untuk memberikan suatu jawaban dan kesimpulan akhir dari suatu penelitian.

Apa saja jenis-jenis populasi?
Populasi suatu penelitian terdiri dari berbagai jenis yang dikelompokkan dari jumlah populasi itu sendiri. Menurut Suharsimi Arikunto (2006:130) jika dilihat dari segi jumlah populasi dapat dibedakan antara lain:

1. Jumlah terhingga, yang terdiri dari elemen dengan jumlah tertentu, contohnya:
  • Semua orang yang terdaftar dalam Angkatan Laut pada hari tertentu,
  • Semua televisi dari tipe yang sama yang diproduksi oleh suatu pabrik dalam satu tahun tertentu, dan
  • Semua mahasiswa yang terdaftar mengambil matakuliah tertentu.
2. Jumlah tak hingga, terdiri dari elemen yang sulit dicari jumlahnya, seperti jumlah penonton sebuah stasiun TV, semua jenis senjata yang diperbolehkan oleh undang-undang, dan sebagainya.

Dari pendapat di atas, bahwa populasi secara umum memiliki dua jenis, yaitu populasi dengan jumlah terhingga dan populasi denga jumlah tak hingga. Dalam penelitian eksperimen bidang pendidikan jenis populasi yang paling cocok adalah populasi dengan jumlah terhingga. Hal tersebut dikarenakan populasi yang akan diteliti dalam suatu peneliti eksperimen bidang pendidikan jumlahlah sudah dapat diketahui dan bisa dibatasi tergantung kepada peneliti itu sendiri

Apa itu Sampel?
Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Bila populasi besar, dan penelitian tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi. Sampel yang diambil dari populasi harus betul-betul representatif (mewakili). Sampel adalah sebgian atau wakil dari pupulasi yang diteliti (Arikunto, 2006:131). Hadari Nawawi (2012:153) “Sampel adalah sebagian dari populasi untuk mewakili seluruh populasi”. Sedangkan Mardalis (2009:55) menyatakan sampel adalah contoh, yaitu sebagian dari seluruh individu yang menjadi objek penelitian. 

Jadi sampel adalah contoh yang diambil dari sebagain populasi penelitian yang dapat mewakili populasi. Walaupun yang diteliti adalah sampel, tetapi hasil penelitian atau kesimpulan penelitian berlaku untuk populasi atau kesimpulan penelitian digeneralisasikan terhadap populasi. Yang dimaksud menggeneralisasikan adalah mengangkat kesimpulan penelitian dari sampel sebagai sesuatu yang berlaku bagi populasi.

Bagaimana Keuntungan Penggunaan Sampel Penelitian?
Adapun keuntungan jika penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel antara lain:
  1. Sampel jumlahnya lebih sedikit,
  2. Jika populasi terlalu besar, khawatir akan ada yang terlewatkan,
  3. Lebih efisien,
  4. Penelitian populas bisa bersifat merusak,
  5. Penelitian populasi bisa terjadi ketidak akuratan data, dan
  6. Lebih memungkinkan. (Arikunto, 2006:133)
Sumber: Jakni. 2016. Judul Buku : Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Penerbit:  Alfabeta 

No comments for "Pengertian Populasi dan Sampel Penelitian menurut Para Ahli"