Dasar Pertimbangan Pemilihan Model Pembelajaran

Dasar Pertimbangan Pemilihan Model Pembelajaran
Kita ketahui bahwa begitu banyak model pembelajaran yang ditawarkan dengan tujuan untuk membantu guru maupun siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing sesuai dengan pendapat para ahli. Sebagai seorang pendidik atau guru hal ini tentu memungkinkan muncul sebuah pertanyaan, “Bagaimana pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran yang cocok dalam pelaksanaan pembelajaran?”.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan pendidik atau guru dalam memilih model pembelajaran, yaitu sebagai berikut.
  1. Pertimbangan terhadap tujuan yang hendak dicapai. Setiap melaksanakan pembelajaran tentu kita memiliki tujuan dari pembelajaran tersebut. Tujuan yang dimaksud dalam pembelajaran adalah tujuan belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Gagne dan Bloom merupakan dua dari beberapa ahli yang menulis teori tujuan pembelajaran. Pertimbangan terhadap tujuan yang ingin dicapai dapat dimunculkan dalam pertanyaan-pertanyaan yang dapat diajukan, yaitu a) Apakah tujuan pembelajaran yang ingin dicapai berkenaan dengan kompetensi akademik, kepribadian, sosial, dan kompetensi vaksional atau diistilahkan dengan domain kognitif, afektif, dan pskiomotor? b) Bagaimana kompleksitas tujuan pembelajaran yang ingin dicapai? dan c) Apakah untuk mencapai tujuan itu memerlukan keterampilan akademik?
  2. Pertimbangan yang berhubungan dengan bahan atau materi pembelajaran: a) Apakah materi pelajaran itu berupa fakta, konsep, hukum atau teori tertentu? b) Apakah untuk mempelajari materi pembelajaran itu memerlukan prasyarat atau tidak? c) Apakah tersedia bahan atau sumber–sumber yang relevan untuk mempelajari materi itu?
  3. Pertimbangan dari sudut peserta didik atau siswa: a) Apakah model pembelajaran sesuai dengan tingkat kematangan peserta didik? b) Apakah model pembelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kondisi peserta didik? c) Apakah model pembelajaran itu sesuai dengan gaya belajar peserta didik?
  4. Pertimbangan lainnya yang bersifat nonteknis: a) Apakah untuk mencapai tujuan cukup dengan satu model saja? b) Apakah model pembelajaran yang kita tetapkan dianggap satu–satunya model yang dapat digunakan? c) Apakah model pembelajaran itu memiliki nilai efektivitas atau efisiensi?
Sumber: Nurdyansyah dan Eni Fariyarul Fahyuni. 2016. Inovasi Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. Halaman 21.

No comments for "Dasar Pertimbangan Pemilihan Model Pembelajaran"